Minggu, 14 Januari 2018

Pakir dan Miskin Pengetahuan

KAMARUDIN

            “Dia mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu nyatakan. Dan Allah maha mengetahui segala isi hati.” (Q.S At-Tagabun, 4) Itulah yang Tuhan nyatakan kepada kita semua. Bagaimana kita bersembunyi dari alam ini, jika yang kita sembunyikan dalam diri kita diketahui oleh Tuhan. PengetahuanNya meliputi apa yang kita tahu dan apa yang tidak kita tahu.
Diseberang hutan, lautan, pegunungan, yang berada di langit, Tuhan mengetahuinya. Sedang kita tidak tahu. Tuhan tau apa yang akan terjadi besok, sedang kita tidak tahu. Jadi tuhan tahu yang kita rahasiakan, sedang kita tidak tahu apa yang Tuhan rahasiakan.

Tidak ada yang dapat kita rahasiakan. Sebenarnya memang iya. Kita tidak bisa merahasiakan apapun dari pandangan Tuhan. Keburukan yang kita lakukan tentu Tuhan tahu. Kebencian kita, tentu Tuhan tahu. Tuhan tahu segalanya.

Tuhan tahu maksud yang saya nyatakan dengan yang saya rahasiakan. Walaupun yang saya nyatakan adalah tidak sesuai dengan apa yang ada dalam hati (yang dirahasiakan) Tuhan tahu. Bahwa yang saya katakana adalah kebohongan. Kedustaan.  

Tuhan mengetahui apa yang ada dalam hati. Jika saya berbuat kebaikan hanya karena ingin pujian dari orang lain, maka Tuhan tahu itu bukan ibadah (mengabdi kepadaNya), tapi ibadah kepada yang lainnya. Orang soleh yang menampakkan kebaikan karena Allah, sungguh itu adalah ibadah kepada Tuhan. Semoga kebaikan yang kita lakukan karena tujuannya kita rido-kan kepada Allah dan Allah meridokannya kepada kita.

Yogya, 6 Januari 2018

KAMARUDIN / Pengarang & Penulis

Biasa dipanggil Maru. Aktivitas sehari-harinya adalah mengajar, menulis, nonton sepak bola, dan membaca buku. Penyuka kopi. Selalu mencari kebenaran.

Coprights @ 2016, Blogger Template Dibuat oleh Templateism | Templatelib