Minggu, 22 April 2018

Lelaki Yang Merokok Adalah Lelaki Yang Tidak Baik

KAMARUDIN
Mawun Beach, Lombok

Beberapa isu tentang rokok yang tentunya akan berpengaruh bagi kami pelaku petani tembakau. Mulai dari isu kebijakan rokok kretek tidak diperbolehkan, kemudian serangan dari dunia medis yang menyatakan bahwa merokok menyebabkan kanker, tidak hanya itu kenaikan harga rokok dengan minimal harga Rp50.000. Ini tentu akan mengancam keberadaan kesejahteraan sosial bagi pelaku petani tembakau.

Isu rokok dan pertanian tembakau terus dikerdilkan. Hingga membuat kami merasa khawatir untuk memenuhi kebutuhan dapur, pendidikan, dan bahkan untuk urusan jodohpun kami kesulitan.


Sangat banyak petani tembakau yang telah menyekolahkan anaknya sampai dengan sarjana melalui keuntungan bertani tembakau. Tidak hanya itu, fasilitas negara juga diambil dari keuntungan cukai tembakau. Lantas negara ini mau dikemanakan tanpa tembakau? Rakyat mau di kemanakan tanpa tembakau?



Pengkerdilan citra tembakau ataupun rokok tidak henti-hentinya dilakukan oleh siapapun, entah orang yang memahami tujuannya maupun yang tidak memahami tujuannya.



Dikalangan pendidikan sangat digencarkan bahwa merokok tidak baik. Sampai dengan sebagian kaum wanita ketika bertemu dengan lelaki yang merokok menganggapnya sebagai lelaki buruk. Padahal tidak seperti itu.

Kesimpulan para kaum wanita tentang hal ini saya tidak mampu memahaminya? Saya tidak tahu juga perhitungan kaum wanita seperti apa? Sehingga begitu getolnya mengecap lelaki yang merokok memiliki citra yang tidak baik. Mampukah wanita seperti itu mempertanggungjawabkan tuduhannya?

Selain itu citra seorang perokok juga dikerdilkan oleh orang yang tidak merokok. Misalkan.

Kalau kamu berhenti merokok dan uang merokokmu , kamu tabung untuk kebutuhan yang lain. Akan lebih bermanfaat (katanya).

Kemudian menghitung-hitung uang rokok perbulan misalkan Rp.450.000 maka dalam setahun uang tersebut terkumpul kurang lebih Rp.5.000.000.

Pintarnya orang yang tidak merokok mengomentari perokok.

Bahwa saya menemukan banyak perokok bisa menabung, menyekolahkan anaknya, bersedekah, dan melakukan hal-hal yang bermanfaat. 

KAMARUDIN / Pengarang & Penulis

Biasa dipanggil Maru. Aktivitas sehari-harinya adalah mengajar, menulis, nonton sepak bola, dan membaca buku. Penyuka kopi. Selalu mencari kebenaran.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih, Anda telah berkomentar.

Coprights @ 2016, Blogger Template Dibuat oleh Templateism | Templatelib