Minggu, 01 April 2018

Kisah Anak dan Bapak Rebutan Air Susu

KAMARUDIN

Gunung Gajah, Purworejo

Perlulah sejak kecil, bahkan wajib anak-anak mengonsumsi ASU. Aku tidak menginformasikan sodara-sodara sekalian untuk yang jelek-jelek. Aku sedang ngomong baik sodara, sedang serius. Serius banget deh. Sumpah.

Aku itu orangnya baik, halus dan sangat mencintai siapapun. Sodara-sodara jangan suudzon dulu sama aku. Saking halusnya aku, temanku si Amelia tidak pernah menyapaku. Alasannya dia tidak bisa melihatku. Kayak makhluk alus aja aku.

Sebagai ibu yang benar-benar ibu harus memastikan anaknya mengonsumsi ASU, bayi harus dekat dengan ASU. Untuk kesehatan jasmani dan rohani anak, ASU sangat perlu dikonsumsi oleh anak-anak.

ASU itu bukan hewan walaupun ada hewan yang namanya ASU. Juga bukan kata jorok. Kalau sodara pernah dibilangin ASU sama temanmu. Aku sarankan, sodara jangan baper dulu. Itu mungkin gurauan temanmu -karena menurut orang alim, dunia itu hanya gurauan semata- dan tanda ia sangat mengenalmu. Nah anggap saja itu gurauannya.

ASU itu sebenarnya memiliki kepanjangan Air Susu Umi. Tuh kan aku sudah bilang kalau aku orangnya baik. Tuh buktinya, aku menginformasikan sesuatu yang baik.

Bagi ibu-ibu atau calon ibu, Air susu umi itu diberikan keanak-anakmu. Jangan kasih bapaknya saja. Woe bapak-bapak juga jangan mau minum sendiri dong, kalian harus berikan kesempatan anakmu untuk mengonsumsi air susu uminya.

Kalau kamu lihat anakmu minum air susu uminya, ya bersabar dulu lah pak. Giliran dong minum air susunya. Toh bapak juga bisa jajan susu seperti susu jahe dan susu Londomilk, kamu cukup keluar ke angkringan nanti dapat susunya. Kamu juga jangan khawatir pak air susu umi tidak akan habis kok. Stoknya tidak terbatas pak.

Gak usah sok-sok ngajari anakmu minum air susu uminya deh pak. Anakmu lebih pintar minum air susu pak. Gak usah alasan deh bapak-bapak. Kalau mulut anak sudah diputing susu uminya, anak secara otomatis akan minum air susu uminya. Ajaibkan, tidak ada yang mengajarinya tiba-tiba bisa.

Mengapa harus memberikan air susu umi ke anak yang masih bayi? Jonajoni menuturkan ke aku. 

Kalau air susu umi ekslusif diberikan ke anak akan memenuhi semua zat gizi yang dibutuhkan bayi selama 6 bulan kehidupannya. Ada anjuran juga buat menyusui bayi selama dua tahun lo ibu-ibu.

Bapak-bapak harus bersabar dan ikhlas untuk berbagi sumber air susu sama anak ya. Kan bapak harus sayang anak. Ingatlah anakmu itu titipan Tuhan, maka berikanlah ia nutrisi yang baik.

Teman saya Jonajoni mengatakan lagi kepadaku bahwa hasil dari penelitian WHO, air susu umi itu selalu tersedia dalam keadaan bersih dari susu umi. Air susu umi selalu siap tersedia pada suhu yang tepat untuk dikonsumsi si anak. Jadi sodara-sodara jika punya anak langsung saja anakmu dikasih air susu umi. Jangan diganti susu pabrik, eman-eman air susunya.

Air susu umi itu tidak ada pengganti yang tepat untuk anak. Hanya air susu umilah yang dapat memenuhi gizi si anak. Beribu liter susu pabrik dan londomilk juga nggak bisa menandingi JOSSSSnya air susu umi. Ajaibkan, tentu ini keajaiban dari Tuhan.

Informasi lain dari seorang dokter juga menyebutkan bahwa apapun makanan seorang umi, entah hanya makan telo, kelepon, air susu umi disetiap umi kualitas dan gizinya sama. Wah sungguh ajaib.

Sebagai penutup, sodara pasti tahu lagu ini. Pok ame-ame belalang kupu-kupu. Siang makan nasi, malam minum susu.

Aku kira itu lagunya anak-anak. Ternyata lagu itu lagunya bapak-bapak. Kalau anak siang ya minum susu, malam ya minum susu. Tapi kalau bapak-bapak siang makan nasi, malam minum susu. Emang sodara pernah temukan bayi makan nasi.


KAMARUDIN / Pengarang & Penulis

Biasa dipanggil Maru. Aktivitas sehari-harinya adalah mengajar, menulis, nonton sepak bola, dan membaca buku. Penyuka kopi. Selalu mencari kebenaran.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih, Anda telah berkomentar.

Coprights @ 2016, Blogger Template Dibuat oleh Templateism | Templatelib