Sabtu, 13 Januari 2018

PASTI YANG TIDAK PASTI

KAMARUDIN

Aku menikmati kopi Nescafe (bukan sponsor) yang diberikan oleh mas Tomo (bukan nama samaran). “Yang kita cari di dunia ini adalah ketidak pastain, ketidak pastian nasib, ketik pastian jodoh, ketidak pastian besok jadi apa. Oleh karena itu, jangan memastikan apa yang belum kamu lakukan, jangan pastikan sesuatu yang belum pasti, jangan pastikan ke-akan-an karena itu belum terjadi, pokoknya jangan memastikan karena sesuatu itu belum pasti.” Amang menyeru ke teman Goibnya.
            “Lah terus apa yang dapat kita pastikan?” Goib penasaran.
            “Tidak ada. Eh kamu tahu tidak akhir-akhir ini ada yang menyatakan bahwa orang yang berbuat salah (menurut kebenaran dia) Ia memastikan bahwa orang yang salah akan berada di Nar. Padahal itu kekuasaan Tuhan.”
            “Mang aku itu tanya ke kamu. Apa yang pasti di diri kita?”
            “Aku harus jawab?”
            “Ya.” Goib menginginkan.
            “Besok saya janji dengan teman saya dan kami berdua memastikan akan bertemy dengan kesepakatan yang kami buat. Tapi kepastian yang aku buat itu belum pasti. Itu namanya pasti yang tidak pasti.” Amang mengawali.
            “Terus yang pasti itu apa? Terus pasti yang tidak pasti itu apa?”
            “Kita selama ini mencari yang pasti dalam hidup. Kita selama ini kebingungan mencari kepastian, bahkan mati-matian mencari yang pasti. Padahal yang pasti itu tidak perlu dicari. Yang pasti dalam di diri kita adalah mati. Kemudian pasti yang tidak pasti itu adalah yang kita janjikan kepada orang lain, sering kita mengatakan kita pasti akan datang. Belum melakukan saja sudah memastikan. Sesuatu yang akan kita lakukan itu semuanya belum pasti, kecuali kematian.”

            “Jos. Jos.” []

NB : Artikel ini telah diubah judulnya, dari Kopi Nescafe ke Pasti yang tidak pasti

KAMARUDIN / Pengarang & Penulis

Biasa dipanggil Maru. Aktivitas sehari-harinya adalah mengajar, menulis, nonton sepak bola, dan membaca buku. Penyuka kopi. Selalu mencari kebenaran.

Coprights @ 2016, Blogger Template Dibuat oleh Templateism | Templatelib