Sabtu, 24 Februari 2018

Sepasang Sandal yang Melindungi

KAMARUDIN
Dok. Kelas PGSD 2014 UNY


Sandal yang sepasang, ada kiri dan kanan. Tidak cukup hanya ada kiri dan kanan, tetapi keduanya harus pas, cocok. Kiri dan kanan memiliki perbedaan yang jelas antara keduanya.

Kiri dan kanan memiliki perbedaan sifat yang sangat kuat. Jika sandal yang dibuat dengan kecendrungan kiri, maka penempatannya yang tepat adalah di kaki kiri. Kalau digunakan untuk kaki kanan, ia tidak cocok-tidak pas. Begitu juga sebaliknya.

Sering sekali kita mendengar kata pasangan. Pasangan yang tepat untuk sendal kiri adalah kanan. Keduanya harus memiliki suatu kecendrungan yang sama di atas perbedaan-perbedaan yang kuat.

Kecendrungan yang sama dalam perbedaan karakter yang kuat, akan terdapat kesamaan seperti size yang sama, tujuan yang sama (melindungi kaki dari ancaman). Jika memiliki kesamaan tersebut, itulah yang disebut dengan pasangan, sepasang.

***

Jangankan sendal bisa melindungi kaki dari ancaman yang dapat menyakitkan kaki. Manusia juga dalam berpsangan harus betujuan saling melindungi dan menimbulkan rasa aman antar keduanya.

Manusia yang berpasangan hendaknya memiliki size atau nilai yang sama, minimal memiliki kecendrungan nilai yang sama. Sehingga keduanya akan dapat saling mengikat dan memiliki keterikatan yang kuat.

Namun jangan sampai melupakan setiap perbedaan sifat dan karaketer masing-masing. Perbedaan sifat itu harus dipahami oleh keduanya, mereka harus saling memahami baik terhadap dirinya sendiri dan pasangannya.

Dengan saling memahami keduanya akan saling mengerti cara memperlakukan pasangannya.  
Jogja sabtu 24 Februari 2018

KAMARUDIN / Pengarang & Penulis

Biasa dipanggil Maru. Aktivitas sehari-harinya adalah mengajar, menulis, nonton sepak bola, dan membaca buku. Penyuka kopi. Selalu mencari kebenaran.

Coprights @ 2016, Blogger Template Dibuat oleh Templateism | Templatelib