Kamis, 22 Februari 2018

Akan Indah Jika di Ruang dan Waktu yang Tepat

KAMARUDIN

Sambil minum Kotangsu. Eh ndelok arek wedok, ayu tenan. Cantik sekali. Jilbabnya merah, wajahnya halus, tapi tiba-tiba wajah mulusnya hilang. Wajahnya tak terlihat mulus lagi. Itu terjadi dalam hitungan detik. Tidak sampai lima detik. Wajah manis dan mulusnya tak terlihat lagi halus dan ayu.

“bro kok wajah mbaknya tidak terlihat mulus lagi?”

“Ya jelaslah kamu copot kaca matamu,” Hani menjawab.

Aku tertawa. (kamu tertawa nggak?)

Wajah bukanlah sesuatu yang abadi selamanya, bahkan dalam hitungan detik pun itu akan bisa memudar. Contohnya seperti apa yang saya ceritakan di atas. Itu memang sangat sederhana, dan saya akui sangat sederhana. Itu bisa dibenarkan dan juga bisa disalahkan.

Kalau kita tidak bisa mengambil hikmah dari suatu peristiwa kecil, lalu bagaimana kita akan mengambil hikmah dari peristiwa yang besar. Mengambil hikmah dari cerita di atas adalah langkah kita untuk memahami peristiwa-peristiwa yang mungkin sama.

Sesuatu itu tidak akan pernah abadi. Begitu juga aku, aku tidak akan hidup selamanya. Memenuhi kehidupan dunia untuk selamanya pun tidak. Begitu juga hidup itu dinamis, selalu bergerak. Bunga yang kita pandang indah, mungkin saja pekan depan tidak indah, mungkin jika ditaruh di tempat yang berbeda akan menjadi tidak indah. Sesuatu itu juga tidak akan pernah abadi dalam ruang dan waktu yang berbeda.

oooooo

“Maru, buatin quotes dong.” Hani meminta.

Aku ambil HPnya dan aku tuliskan sebuah kalimat.

“Setan saja enggak di sliding langsung sama Tuhan. Lah kok koe ndelok wong salah sitik. Langsung lo sliding.

Hani memperlihatkan status WA tersebut kepada si Damar.

“Ha itu bagus.” Ungkap Damar sepakat.

“Ini tak tulis Maru 2018 ya.” Hani memintaku.

“Iya. Biar ada pertanggungjawaban.”

Ia send.
Yogya, 18 February 2018

KAMARUDIN / Pengarang & Penulis

Biasa dipanggil Maru. Aktivitas sehari-harinya adalah mengajar, menulis, nonton sepak bola, dan membaca buku. Penyuka kopi. Selalu mencari kebenaran.

Coprights @ 2016, Blogger Template Dibuat oleh Templateism | Templatelib