Minggu, 11 Februari 2018

Semalaman Berjamaah Menjalani Kebaikan di RSUD Jogja

KAMARUDIN


Selesai saya dari KKN di Kulon Progo, Yogyakarta. Seorang teman saya menghubungiku melalui chat WA  untuk menemaninya bermalam. Teman saya ini perempuan dan adik tingkat saya di kampus.

Ayo apa yang ada di pikiranmu?

Ia mengajak aku untuk bermalam di Rumah Sakit Umum Daerah Jojga. Aku balas pesannya. “Yang sakit siapa?”

“Nanti tak kasih tahu mas. Pokoknya sampean ke sini saja nanti malam temanin aku.”

“Oke.”

Sorenya saya langsung gas ke RSUD. Sekian menit sampailah aku di tempat.

Aku mencari-cari kamar tempat bermalam kami. Saya sawang-sawang setiap sudut petunjuk jalan. Di tengah perjalanan tiba-tiba ada yang memanggil “mas-mas.” Saya lihat ke belakang ada tiga orang gadis yang asing dipandangan saya.

Ternyata mereka adalah adik tingkat saya juga. Wah-wah ini menandakan bahwa saya adalah angkatan tua.

Sejurus salah satu dari mereka bertanya. “Mas mau cari siapa?”

“Cari mbak Ulfah.”

Kami memiliki tujuan yang sama yaitu menuju kamar yang sama.

Ternyata mbak Ulfah memintaku untuk menemaninya semalam menjaga adik tingkat kami berdua. Teman kami yang sakit ini berasal dari Papua dan ia jauh dari orangtuanya. Kabarnya ia sakit cukup lama setelah selesai dari operasi usus buntu.

Di ruang perawatan dua orang dosen datang menjenguk pasien dan belasan teman pasien berada di dalam ruangan tersebut.

Yang saya rasakan dari teman-teman dia dan aura yang ada dalam ruangan tersebut adalah aura saling mencintai diantara mereka. Saling peduli. Saling menjaga dalam keamanan dan keselamatan.

Magrib menjelang satu persatu mereka bergegas pulang dan tinggallah kami bertiga dalam ruangan tersebut. Sesuai permintaan mbak Ulfah, tugas saya adalah menemani dia.

Sekitar pukul 02.00 saya akhirnya menyerah untuk tidur seadanya. Sedangkan mbak Ulfah menjaga pasien semalaman. Sungguh baik sekali mbak Ulfah.

Pagi-pagi kami berdua mencari sarapan untuk memenuhi tagihan perut yang kosong. Secepatnya kami kembali ke kamar pasien. Sekitar jam 10 saya ada janji dengan teman KKN untuk menyelesaikan laporan. Aku pulang jam 09.00 dan ku tinggalkan mereka berdua.


KAMARUDIN / Pengarang & Penulis

Biasa dipanggil Maru. Aktivitas sehari-harinya adalah mengajar, menulis, nonton sepak bola, dan membaca buku. Penyuka kopi. Selalu mencari kebenaran.

Coprights @ 2016, Blogger Template Dibuat oleh Templateism | Templatelib