Sabtu, 02 September 2017

Apa Sebenarnya Jati Diri dan Identitas?

KAMARUDIN

"Sekarang banyak orang yang terlalu getol mengejar identitas. Dikiranya identitas adalah jati dirinya."

"Terus menurut kamu jati diri itu seperti apa?" Aku mulai bertanya kepada Joni. 

"Jati diri itu ada dalam dirimu, personalmu yang terkait dengan apa yang ada dalam dirimu. Contohnya kamu diciptakan oleh Tuhan. Itu adalah dirimu. Tuhanlah yang menjadi panduan hidupmu."

"Terus apa kaitannya dengan jati diri dengan identitas?" Aku memulai penasaranku.

Jodi hanya terdiam, seperti mencoba mengolah pikirannya. Mengolah untuk mengeluarkan kebaikan hikmah. -batinku.

"Mungkin seperti ini. Identitas adalah apa yang kau kejar-kejar dari luar dirimu. Konsep yang dibangun manusia adalah yang kau kejar itulah identitas. Konsep yang meninggalkan konsep utama kehidupan yaitu konsep kehidupan yang diajarkan Tuhan." 

"Aku bingung." 

"Ya sudah kita jangan lanjutkan. Aku juga sebenarnya bingung untuk menjelaskan lagi ke kamu. Tapi kesimpulan saya bahwa identitas itu adalah dispresisi dari jati diri, dimana jati diri menurut aku adalah diriku sebagai makhluk, manusia, abdullah, dan khalifatullah."[]

KAMARUDIN / Pengarang & Penulis

Biasa dipanggil Maru. Aktivitas sehari-harinya adalah mengajar, menulis, nonton sepak bola, dan membaca buku. Penyuka kopi. Selalu mencari kebenaran.

Coprights @ 2016, Blogger Template Dibuat oleh Templateism | Templatelib