Jumat, 29 Desember 2017

DALANG TAHU APA YANG AKAN DILAKUKAN OLEH WAYANGNYA

KAMARUDIN

Pernahkah kalian menyaksikan atraksi wayang? -Aku ragu jika menyebutnya sebagai pertunjukan, karena di pewayangan ada pesan-pesan kebaikan, kalau menurut salah satu dalang di Lombok, bahwa dalam cerita yang angkat dalam perwayangan adalah semua aktivitas kehidupan manusia secara substansial, kurang lebih seperti ungkapan beliau.-.
Dalam atraksi wayang, obrolan wayang, pesan moral yang disampaikan wayang, peperangan mereka, bahkan kerajaan mereka. Semuanya dikuasai dalang. Tujuan ceritanya yang mengetahui adalah dalang.
Walaupun keberagaman tingkat social para wayang tetap yang mengendalikan kehidupannya adalah dalang. Para wayang tidak bisa berontak sedikitpun kepada dalang dengan kodratnya. Para wayang-wayang itu sangat mengabdi kepada dalangnya. Jika dia di gerakkan ke kanan maka dia ke kanan, jika ke belakang maka dia ke belakang. Pengabdi yang taat.
Dalang tahu apa yang akan dilakukan oleh wayangnya. Karena dalang mengusai kehidupan wayang tersebut. jika karakter wayang adalah orang yang bijaksana maka dia akan sangat dihargai oleh para penonton wayang.
By the way, apa makna tulisan di atas? Mungkin tidak ada maknanya jika tidak dicari.

Jogja 28 Desember 2017

KAMARUDIN / Pengarang & Penulis

Biasa dipanggil Maru. Aktivitas sehari-harinya adalah mengajar, menulis, nonton sepak bola, dan membaca buku. Penyuka kopi. Selalu mencari kebenaran.

Coprights @ 2016, Blogger Template Dibuat oleh Templateism | Templatelib